by

Gowes UMKM Menggali Potensi Kopi Desa Cipakem

-Daerah-72 views

Kuningan, JWNcom – Dinas koperasi perdagangan dan perindustrian dan UKM kabupaten Kuningan melaksanakan Gowes secara bertahap, Kamis 04 Agustus 2022

Hal tersebut dilakukan dalam rangka ajang penggalian potensi sumber daya alam maupun wisata termasuk potensi UMKM Desa.

Acara Gowes UMKM yang dipimpin langsung Oleh Kadiskopdagperin U.Kusmana Sos, MSI dengan menggunakan Sepeda motor, sudah memasuki tahap ke 5.

Diawali dari Desa cibuntu, wisata airpanas Subang, Talaga Surian ,Buper Tri jaya dalam rangka HUT Koperasi Ke75 dan yang barusan menuju Dusun sarana Desa cipakeum. Ujar kadis saat wawancara.

Kadiskopdagperin menyampaikan, Turing Gowes UMKM ini Sebagai bentuk usaha dalam menggali potensi wisata UKM yang ada di desa, Melibatkan seluruh eselon, kabid dan pegawai masing masing bidang di Diskopdagperin,

Dalam kunjunganya ternyata diwilayah hutan desa Cipakem memiliki hutan Kopi seluas 30 hektar yang dikelola oleh para petani, 25 Hektar sudah dipanen, namun hasilnya langsung dijual secara mentahan.

Terkait dengan hal itu kami koordinasi dengan camat, kepala desa serta kelompok tani kopi, dengan tujuan ingin membantu mengembangkan potensi kopi ujarnya.

Dan alhamdulilah, menurut Kadiskopdagperin, para pihak dengan senang hati melakukan koordinasi dan sangat mengapresiasi kehadiran Diskopdagperin.

Dan kita akan dorong bagaimana kopi tersebut, jangan sampai dijual secara mentah, namun harus dapat diproduksi terlebih dahulu di desa.

Nantinya selain menghasilkan harga yang baik, disanalah adanya penyerapan tenaga kerja. Dan pihak dinas siap membantu mulai dari perizinan, PIRT, mesin rosting, mendesign Kemasan termasuk dengan pemasaran, yang nanti masuk di aplikasi Sibadu Mirakyat, Sebagai sarana promosi, dan pemasaranya, ujar Kadis menyampaikan kepada media. (SEP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed